Kamis, 31 Mei 2012

pendamping hidup yang baik

Seperti apakah kriteria calon pendamping yang kamu inginkan ??
tentu setiap orang memiliki jawaban yang berbeda - beda pula.

tahukah kamu,  mengapa kita perlu benar2 selektif dalam memilih pasangan hidup ??
                     Memang jodoh itu ditangan Allah, tapi bukan berarti kita hanya duduk dan menunggu jodoh itu datang menghampiri kita kan ! kita  tetap harus berusaha dan selektif dalam memilih pasang hidup. Ada banyak alasan yang dapat kamu pertimbangkan dalam memilih pendamping hidup yaitu :

  1. Faktor kepribadian atau watak dasar
             kepribadian ( watak dasar ) menjadi priorotas pertama dalam memilih pendamping hidup. Mengapa ??  karena yang namanya watak itu adalah sifat utama yang sulit dirubah atau direkayasa..Penampilan bisa dibuat dari yang biasa saja menjadi yang luar biasa, perilaku pun bisa dibuat- buat . watak setiap orang tidak akan sama , ada yang terlihat egois karena dia selalu menyendiri yang seolah2 tidak peduli pada orang lain tetapi justru ia adalah orang yang penuh kasih sayang, ada yang dasarnya memang egois yang cenderung mencari keuntungan pribadi dengan memaksakan kehendaknya, ada yang wataknya baik, lemah lembut namun ceplas- ceplos dalam bicara, ada juga yang dari luarnya tampak agamis namun hanya untuk mencari keuntungan dunia..Karena itu pandai- pandailah kamu dalam memahami watak seseorang yang akan menjadi pendamping hidupmu nanti !!

   2. Faktor agama ( memiliki kualitas keimanan )
               Melihat kualitas keimanan seseorang bukan dari penampilannya tapi lihatlah kesehariannya, keikhlasan hatinya serta tutur katanya. Orang yang seperti itu cenderung suka menolong, tidak suka menyakiti hati orang lain, menghargai semua orang, bertanggung jawab, memiliki kepedulian sosial yang tinggi, mampu menahan diri dan senantiasa menjalankan perintah Allah.

   3.  Faktor hati, perasaan dan cinta
                Diantaranya memiliki rasa saling mencintai, saling peduli, merasa nyaman saat bersama dan termotivasi ( bersemangat) dalam hidup dan dalam beribadah. Mempunyai keinginan untuk saling menyenangkan pasangannya, tidak ingin menyakiti dan tidak pula merusaknya. Jika semua dilandasi dengan cinta yang tulus, maka atribut2 fisik hanya bersifat penunjang bukan penentu.

   4. Faktor restu dari orang tua
                Menjalin suatu hubungan hendaknya mendapatkan restu dari kedua belah pihak keluarga, janganlah memaksakan kehendak atas nama cinta. karena setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya.Mungkin mereka punya alasan mengapa mereka kadang tidak menyetujui apa yang kita pilih.

   5. Faktor pekerjaan
               Pilihlah pasangan hidup yang mempunyai pekerjaan yang halal. 

   6. Sehat jiwanya dan tidak memiliki penyakit yang menurun.
                pasti kamu tak inginkan punya pasangan hidup dari keturunan yang sakit jiwa kan ?? karena bisa jadi nanti salah satu keturunanmu pun juga akan mengalami hal yang demikian itu


" Maka bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar dan sekali- kali janganlah orang-orang yang tidak meyakini (kebenaran ayat-ayat Allah) itu menggelisahkanmu."  ((QS.Ar Ruum: 60))

" Sesungguhnya orang- orang yang bertaqwa mendapat kemenangan." ((QS An Naba' :31))



Tidak ada komentar: