Kamis, 31 Mei 2012

masa remaja

Masa yang tak terlupakan

Masa remaja adalah masa yang tidak terlupakan, benar kan ?
karenanya buat kamu para remaja jangan sia2 kan masa remajamu dengan hal2 yang tidak berguna.

Setiap orang pasti pernah mengalami masa remaja, ada yang melewatinya dengan biasa saja, ada pula yang melewatinya dengan luar biasa. Ada remaja yang melewati masa remaja dengan bahagia, ada juga sebaliknya, mengalami masa remaja yang tidak bahagia.

Masa remaja yang tidak bahagia, karena apa ???
Ada banyak hal yang menyebabkan remaja tidak bahagia, misalnya kurang percaya diri (pede), kurang bergaul ( kuper ), tumbuh dalam keluarga yang tidak harmonis, keadaan ekonomi yang sangat kurang dan sebagainya.

Bagaimanakah masa remaja yang kamu alami ?? menyenangkan taukah sebaliknya !

kebaikan dalam kata- kata menciptakan percaya diri. kebaikan dalam berpikir menciptakan kebajikan. kebaikan dalam memberi menciptakan cinta.. ((Lao-tzu))

 Arti Remaja

Remaja berasal dari kata latin adolensence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa..Arti luasnya mencakup kematangan mental. fisik, emosianal dan sosial. Remaja tidak termasuk dalam golongan anak tetapi juga tidak termasuk dari golongan dewasa atau tua.
Berikut adalah pengertian remaja menurut beberapa orang :
  •  Borring E.G. ( dalam Hurlock, 1990)  mengatakan bahwa masa remaja merupakan suatu periode atau masa transisi dari anak2 ke masa dewasa.
  • Monks, dkk ( dalam Hurlock, 1990) menyatakan bahwa masa remaja  adalah masa disaat seseorang mengalami perkembangan untuk kali pertamanya menunjukkan tanda2 seksual. perkembangan psikologis dan peralihan dari masa ketergantungan menjadi keadaan yang mandiri.
  • Erikson ( dalam Hurlock, 1990 ) menyatakan bahwa masa remaja adalah masa kritis identitas atau masalah identitas / ego remaja.
Problema Remaja

a). problema berkaitan dengan perkembangan fisik dan motorik

                             pertumbuhan fisik pada remaja menyebabkan remaja memiliki rasa suka pada lawan       jenisnya .Keadaan fisik pada masa remaja dipandang penting, namun ketika keadaan fisik tidak sesuai dengan harapan ( kutilang ) Kurus, Tinggi, Langsing dapat menimbulkan rasa tidak puas dan kurang percaya diri.

b). problema berkaitan dengan perkembangan kognitif dan bahasa

                            Masa remaja awal ditandai dengan perkembangan kemampuan intelektual yang pesat, namun masih ada remaja yang tidak mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya terutama melalui pendidikn sekolah, maka boleh jadi kemampuan tersebut tidak dapat dikembangkan. Dijaman yang serba modern ini, remaja harus mampu menguasai berbagai bahasa asing. Namun karena ada keterbatasan kesempatan, sarana dan prasarana menjadi penyebab bagi mereka untuk menguasai bahasa asing.

c). problema berkaitan dengan perkembangan perilaku sosial, moralitas dan keagamaan

                           Masa remaja disebut juga masa social hunger ( kehausan sosial) yang ditandai dengan adanya keinginan untuk bergaul dan dan diterima dilingkungan kelompok sebayanya ( peer group ). Jika terjadi penolakan maka akan menimbulakn frustasi dan menjadikan dia merasa rendah diri. Pada masa remaja juga ditandai denganadanya keinginan untuk mencoba- coba dan menguji kemapanan norma yang ada, jika tidak terbimbing maka dapat menjerumuskannya dalam konflik nilai, penyimpangan sosial dan seksual.

d). problema berkaitan dengan perkembangan kepribadian dan emosional.

                            Masa remaja disebut juga masa untuk menemukan identitas diri ( self identity). Usaha pencarian identitas diri pun, banyak dilakukan dengan perilaku mencoba- coba, perilaku imitasi. Emosinya pun masih labil dan tak terkendali sehingga berdampak pada pribadinya yang mungkin sering bermuram durja dan merasa tertekan atau justru dia menjadi orang yang agresif.Sehingga memicu terjadinya pertengkaran dan perkelahian.


Sumber dari buku " Panduan menjadi remaja percaya diri " karya Lina dan Klara Sr.

Tidak ada komentar: