Selasa, 26 Juni 2012

Kehamilan


Proses kejadian manusia dalam kandungan

        Manusia pertama, Adam, diciptakan oleh Allah dari tanah, sedangkan anak adam diciptakan oleh Allah melalui perkawinan antara laki-laki dan perempuan yang selanjutnya tumbuh janin di dalam kandungan ibu.
        Allah berfirman dalam surah Az Zumar ayat 6, yang artinya : “...Dia menjadikan kamu dalam perut Ibumu kejadian demi  Kejadian dalam tiga kegelapan ( kegelapan dalam perut,  rahim dan selaput yang menutup anak dalam rahim)...”
        Perkembangan kejadian manusia juga dapat dibaca dalam surah Al Mu’minuun ayat 12-14, yang artinya : “Dan seungguhnya kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati dari tanah. Kemudian kami jadikan saripati itu air mani ( yang kami simpan) dalam tempat yang kokoh ( rahim ). Kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadkan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maha suci Allah, pencipta yang paling baik.”

Masalah yang sering dialami ibu selama proses  kehamilan.

1.   Rasa mual dan muntah
Mual dan muntah karena hamil berbeda dengan mual dan muntah yang disebabkan karena suatu penyakit. Rasa mual biasanya akan terasa pada minggu ke empat hingga tida bulan masa kehamilan. Namun ada juga yang melebihi tiga bulan pertama kehamilan.
Ketika lambung kosong biasanya rasa mual akan meningkat. Karena itu ibu hamil perlu sedia makanan kecil seperti roti atau macam- macam biskuit.
        Untuk mengurangi rasa mual tersebut , biasakan ngemil / makan sedikit- sedikit dan menghindari makanan yang terlalu banyak bumbu, yang berminyak dan menghindari aktivitas dan hal- hal yang menyebabkan mual. Jika rasa mual semakin berlebihan segera periksakan kedokter.
2.   Ngidam
Ngidam adalah keinginan ibu hamil yang muncul dengan tiba- tiba yang tanpa disertai sebab atau alasan yang jelas. Seperti menginginkan makanan tertentu, bertemu orang tertentu. Jika ngidamnya dalam hal yang tidak baik ( merugikan atau membahayakan ibu hamil atau orang lain) maka tidak perlu dipenuhi.
3.   Pendarahan
Selama hamil maka tidak boleh terjadi pendarahan, jika sampai terjadi maka segeralah dibawa ke dokter atau bidan.
4.  Sakit di kaki
Pada saat hamil akan mengalami rasa sakit pada bagian kaki yaitu bagian tumit, belakang lutut, di paha atau belakang paha dan di pergelangan kaki. Untuk menguranginya kurangi makan garam yang berlebihan,tidak berdiri terlalu lama, posisikan kaki lebih tinggi dari pantat.
5.   Sakit di punggung
Untuk menghindari nyeri pada bagian punggung biasakan duduk yang baik, tidak memakai highheels, jika duduk berilah penyangga pada bagian belakang pinggang.
6.   Sakit didada
Biasanya ibu hamil akan merasakan nyeri atau panas pada bagian dada, di bawah dada dan dibagian atas perut.
7.   Sering buang air kecil
Pada ibu hamil akan mengalami sering buang air kecil dikarenakan kandung kemih tertekan oleh rahim yang membesar. Hal itu normal saja dan perlu diwaspadai ketika sering ke kamar mandi.
8.   Perubahan kebiasaan
Perubahan kebiasaan pada ibu hamil disebabkan karena semasa hamil akan merasa sensitif, biasanya sensitif terhadap bau tertentu meskipun pada saat sebelum hamil dia tidak terpengaruh oleh bau tersebut. Untuk itu hindarkanlah bau yang mengganggu pada ibu hamil karena akan menjadikannya mual dan muntah.
9.   Mudah marah atau mudah tersinggung
Secara psikologi ibu hamil akan mudah marah atau tersinggung dengan perkataan orang lain, hal itu adalah wajar karena ibu hamil terlalu mencemaskan keadaan bayi dalam kandungannya atau karena secara fisik dirinya merasa tidak nyaman ( berat, rasa sakit, mual , pucing dan lelah yang berlebihan )
10.Pusing dan mudah lelah
Pada ibu hamil hamil akan mengalami rasa sering pucing dan mudah lelah dikarenakan ketidaknyamanan yang dia rasakan, sulit tidur karena kondisi perut yang besar.
Untuk itu istirahatlah yang cukup, makan dengan gizi yang seimbang, pikiran jangan sampai tegang,buatlah suasana sesantai mungkin.
11. Gatal- gatal diperut
Diakhir masa kehamilan biasanya perut akan terasa gatal, yang jika digaruk akan menimbulkan bekas kehitam hitaman pada perut ibu yang sulit dihilangkan meskipun masa kehamilan sudah berakhir.
12. Rasa pahit atau kecut di mulut
Cara mengatasinya adalah dengan minum susu sedikit demi sedikit.

Pembentukan mental bayi dalam kandungan.

        Kestabilan emosi dan psikis ibu hamil serta keharmonisan hubungansuami istri pada masa kehamilan sangat diperlukan oleh ibu hamil. Sebab kondisi mentel dan fisik ibu hamil bisa mempengaruhi janin dalam kandungan ibu hamil, bahkan kepribadian anak ketika dewasa nanti.
@ Upaya yang dapat dilakukan ibu dalam membentuk kepribadian bayi dalam kandungan adalah :

1.   Banyak- banyak membaca doa
2.   Perbanyak membaca ayat- ayat suci Alqur’an
3.   Menjaga kebersihan hati.
4.  Berpikiran positif dan selalu optimis
5.   Menjaga emosi diri
Stres yang berkepanjangan pada ibu hamil dapat menyebabkan terjadinya kelahiran prematur.
6.   Jika ada masalah bicarakan secara terbuka kepada orang yang dapat dipercaya
7.   Berupaya untuk tidak bersedih, kurangi mengeluh tapi boleh mengadu.
8.   Menghindari makan makanan yang haram
9.   Hindari takhayul
10.Menerima keadaan bayi dengan penuh kasih sayang

@. Upaya yang dapat dilakukan ayah bayi untuk membentuk mental bayi dalam kandungan adalah :

1.   Suami hendaknya selalu mendampingi istri, berupaya mengerti kebutuhan istri, mau mengerti perubahan istri secara psikologis maupun biologis. Ketika istri mudah marah , mudah mual, mudah capek dan lain- lain. Maka suami hendaknya lebih bersabar dan mau mengerti keadaan istrinya.
2.   Berikan oleh-oleh yang membuat istri senang dan bermanfaat baginya ( buah- buahan kesukaan istrinya, daster baru, susu untuk ibu hamil dll). 
3.   Hiburlah istri dengan suasana yang menyenangkan supaya mengurangi perasaannya yang tertekan karena kehamilannya.
4.  Memperbanyak membaca Alqur’an
5.   Selalu berbuat baik
6.   Berusaha memenuhi kebutuhan istri dari kerja yang halal dan bukan meminta- minta
7.   Jangan menyiksa binatang, berkata kasar atau bicara kotor kepada istri
8.   Berikan belaian dan ciuman mesra penuh kasih sayang terhadap bayi dan istri. Tunjukkan bahwa anda adalah seorang ayah yang sangat menyayangi istri dan merindukan kehadiran anak dalam kandungan tersebut.
9.   Menjaga perasaan istrinya dan jangan menyesali kehamilan istrinya.
10.Jangan banyak membantah dan bertengkar dengan istrinya
11. Hindarilah takhayul

Pembentukan fisik bayi dalam kandungan

1.   Kontrol ke dokter atau bidan secara teratur
2.   Makanan sehat, vitamin, obat dan susu untuk ibu hamil
3.   Obat- obatan dan vitamin tambahan
4.  Hindari asap rokok dan minum-minuman keras
5.   Hindari pekerjaan yang berat
6.   Istirahat yang cukup
7.   Olah raga / senam ibu hamil
8.   Menjaga kebersihan ( tubuh, pakaian, tempat tidur, alat makan. Gigi, mulut dll)

Tidak ada komentar: